Sabtu, 20 November 2010

E-learning

E-learning terdiri dari semua bentuk elektronik didukung belajar dan mengajar. Sistem informasi dan komunikasi, baik jaringan atau tidak, menjadi media tertentu untuk melaksanakan proses pembelajaran. [1] Istilah ini masih akan kemungkinan besar akan digunakan untuk referensi out-of-kelas dan pengalaman di-kelas pendidikan melalui teknologi, bahkan sebagai terus kemajuan dalam hal perangkat dan kurikulum.
E-learning pada dasarnya adalah jaringan komputer dan memungkinkan transfer keterampilan dan pengetahuan. E-learning meliputi aplikasi dan proses pembelajaran berbasis web, pembelajaran berbasis komputer, peluang kelas virtual dan kolaborasi digital. Konten dikirim melalui intranet, Internet / extranet, tape audio atau video, TV satelit, dan CD-ROM. Hal ini dapat sendiri mondar-mandir atau instruktur yang dipimpin dan termasuk media dalam bentuk teks, gambar, animasi, streaming video dan audio.
Singkatan seperti CBT (Computer-Based Training), IBT (Internet-Based Training) atau WBT (Web-Based Training) telah digunakan sebagai sinonim untuk e-learning. satu Hari ini masih dapat menemukan istilah-istilah yang digunakan, bersama dengan variasi e-learning seperti elearning, Elearning, dan eLearning. Istilah akan digunakan di seluruh artikel ini untuk menunjukkan validitas mereka di bawah lebih luas terminologi E-learning.

Awal mula Internet

Awal mula Internet


Awal mula teknologi internet dimulai pada tahun 1969, saat Departemen Pertahanan (DOD) Amerika Serikat mendanai sebuah proyek penelitian jaringan komputer yang dilakukan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). Penelitian ini bertujuan untuk membangun jaringan komputer berskala nasional (Amerika) yang memungkinkan agen-agen pemerintah dan militer saling berkomunikasi dan berbagi informasi walaupun masing-masing agen menggunakan tipe jaringan yang berbeda.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, teknologi jaringan komputer semakin berkembang pesat dan maju. Hal ini ditandai dengan adanya LAN (Local Area Network) yaitu jaringan komputer pada area lokal serta jaringan komputer yang lebih besar disebut WAN (Wide Area Network).
LAN dan WAN mampu mempermudah pertukaran informasi antar komputer, akan tetapi informasi tersebut hanya berhenti pada batas-batas jaringan tersebut.
Setiap jaringan memiliki teknologi yang berbeda untuk melakukan transfer data, sehingga hanya bisa bekerja pada komputer dengan spesifikasi tertentu saja. Akibatnya, sebagian besar teknologi LAN dan WAN tidak kompatibel antara yang satu dengan yang lain.
Internet dirancang untuk menghubungkan antar jaringan-jaringan yang berbeda tersebut dan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar pengguna secara bebas. Hal ini dapat terjadi dengan penambahan satu komputer router yang bertugas menghubungkan antar jaringan yang berbeda. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, diperlukan sebuah protokol yang mengatur bagaimana proses petukaran data berlangsung. Protokol jaringan terbaru yang digunakan di internet adalah TCP/IP.

Belajar membuat website / homepage

Langkah-langkah Membuat Homepage

Teman-teman ingin membuat homepage pribadi? Nah, jika ingin membuat homepage pribadi ada baiknya untuk membaca dahulu langkah-langkah perencanaan pembuatan website. Di antaranya adalah seperti berikut :
  1. Membuat Sketsa Desain
    Langkah awal untuk membuat web adalah sketsa desain. Yaitu membuat tampilan seperti apa yang kita inginkan. Umumnya, para web designer (perancang web) akan membuat layout desain dengan menggunakan beberapa software.
  2. Membuat Layout Desain
    Software yang biasa digunakan untuk layout (rancangan) desain adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand.
  3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil
    Setelah layout desain homepage sudah jadi maka sebaiknya file gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar lebih mempercepat waktu download atau membuka situs yang kita buat. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready.
    Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.
  4. Membuat Animasi
    Pembuatan animasi (gambar ataupun teks) diperlukan agar menghidupkan homepage kita dan juga lebih menarik. Macromedia Flash dan Gif Construction Set / Gif animation dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.
  5. Membuat HTML (Hyper Text Markup Language)
    Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.
  6. Programming dan Script
    Pengetahuan tentang program dan bahasa (script) yang digunakan pada situs yang kita buat sangat penting. Biasanya script sangat diperlukan untuk pembuatan website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. Saat ini programming dan script bisa dibuat dengan menggunakan ASP atau Borland Delphy atau CGI, PHP, Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain homepage kita telah jadi.
  7. Upload HTML
    Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat (hosting), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.
Homepage Pribadi Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut. Situs yang memberikan fasilitas upload file untuk website diantaranya adalah : http://www.freeserver.com atau http://www.tripod.com. Selamat mencoba…

sejarah perkembangan internet

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.
Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).
Internet saat ini
Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca .

Membuat Windows Bajakan anda menjadi Asli Dimata Microsoft

Bagi para pengguna windows XP Pro bajakan dan ga bs make update2an baru dari pihak microsoft, ga’ usa berkecil hati. Kami punya solusi buat ngerubah windows bajakan anda jadi windows asli (Genuine) di mata microsoft. so anda bs update windows anda sepuasna dari microsoft tanpa takut windows anda di matiin ma pihak microsoft :D Aman kalo di sweeping juga loh. :D
—- read —-
Sebelum Kujelasin tutorialnya, donlot dulu file pendukungna di http://oasisnet.wordpress.com/download/
Pastikan anda menggunakan account administrator sebelum mulai menilep Windows bajakan anda!!
STEP I
Jalanin keyFinder.exe(Beberapa antivirus mungkinakan mendetekna sebagai spyWare). Akan terlihat seperti gambar berikut :
Gambar 1
STEP II
Trus pilih change windows key.
Gambar 2
STEP III
Ganti deh keyna. Pke windows xp key.txt yg uda dibundel dalam paket. Trus lik OK. Akan ada pemberitahuan bila berhasil
Gambar 3
STEP IV –> Finish
cek keaslian windows anda sekarang. Buka folder “Tool dari Microsoft Buat Cek Windows asli ato palsu”, jalanin “Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool.exe”. Tunggu bentar. kalo berhasil akan terlihat seperti gambar 4:
Gambar 4
Validation Status windows anda sekarang “Genuine” Kalo gagal (Status Invalid/BLK) Coba Lagi.
Sekarang Windows anda sudah 100% original!! Untuk mencobanya coba download Produk microsoft yg baru “IE7” [DownLoad] dan aktifkan update otomatis windows anda. Dijamin tanpa masalah!
Selamat berkreasi brow, and jangan lupa share2 ilmunya. Jangan lupa join juga di forum www.virus.ognizer.net. Dsana kamu bsa share2 masalah2 tentang virus dan antivirus. Kutunggu lowh! Oya kalo mao produk2 Microsoft Laennya nie aku kasi link downloadna(Full Version). [ENTER] Source: http://geocities.com/youseebeesoft/WinOri.html

Cara Instant membuat Virus Komputer denganVB+ViMaker32

Tulisan ini dibuat untuk para newbie yang ingin tahu, dan mencoba sesuatu hal yang baru dan cukup menyenangkan dan mengasikan…he..he…:)
Oke, tanpa banyak cang…cing…cong….nyak..babeh…, mari kita mulai dengan ‘Black Project’ yang akan kita ciptakan, siap….????? Oke kita mulai…..
—- more —-
Tapi sebelumnya ada yang tau VB+Vimaker32 ga??? Oke, mungkin biar ga bingung and ga tersesat nantinya , saya akan jelaskan sedikit. VB+ViMaker32 adalah sebuah worm generator yang diciptakan khusus untuk menciptakan worm secara mudah,cepat dan instan atau istilah gaulnya GPLLY (ga pake lama la yaw)

Sesuai dengan namanya program ini dapat menciptakan worm dalam bahasa Visual Basic yang akan mempunyai aksi-aksi tertentu sesuai dengan pengaturan yang diberikan. (Bener-bener sesuai dengan pengaturan yang kita kasih lho….), so buat para newbie yang pengen jadi #VM (Virus Maker bo…!) bisa pake ni program buat belajar. Tapi Cuma buat belajar lho, bukan buat mainan atawa yang laen apalagi buat ngerusak komputer orang laen, sesuai dengan tujuan dibuatnya tool ini, Cuma buat pendidikan dan ilmu pengetahuan, (Itu kata pembuatnya….).Oh ya Program ini bisa didownload gratis di: http://www.spyrozone.net di menu Vir&Worm + Removal. Atau e-mail aj ke sang empunya di: rzwan182@gmail.com.
Oke dech langsung aj kali ye… bis cape ngomong terus dari tadi ga mulai-mulai neh…J Tapi sebelum kita memulai membuat ‘Black Project’ dengan tool ini kita membutuhkan beberapa persyaratan dan tools, yang semuanya bisa didownload di dapur kalian masing-masing:

  1. Sebuah gelas yang berisi air panas lengkap dengan sendoknya.
  2. Satu sachet cappuccino rasa apa saja yang belum kadaluwarsa, klo ini bisa didownload di warung terdekat…
  3. Cemilan, kalo bisa yang enak dan ga mengandung lemak.
  4. Hati, Pikiran dan niat yang tulus dan ikhlas untuk menanggung segala macam akibat dan resiko yang terjadi apabila kesalahan atau ketidaksengajaan yang menyebabkan worm yang dibuat menjadi raja dikomputer sendiri (sejenis senjata makan tuan gtu…)
Sekarang benar-benar mulai deh, setelah didownload, pertama install dulu program VB+Vimaker32-nya tapi sebelumnya backup dulu data2 penting untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, truz jalanin file .exe nya, lalu pilih File->Project Baru (Full Load) atau tekan Ctrl+M di keyboard. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Tampilan VB+Vimaker32 RC 03 :
Virus1

Masukan semua keterangan tentang virus yang akan dibuat beserta pengaturan-pengaturan lainnya, seperti pengaturan Informasi Virus, Registry, Message dan dll. Masukan semuanya sesuai dengan keinginan, untuk lebih lengkapnya buka aja dokumentasinya yang disertakan. Semua informasi pengaturan settings dll ada disitu. Yang menarik dari program ini adalah karna banyak pengaturan dan kustomasi yang bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan, tidak seperti program worm generator lainnya yang cuma tinggal masukin nama pembuat dan pesan yang akan ditampilkan, terasa kurang bebas dan leluasa gt.

Untuk pengaturan tentang registry yang akan diubah bisa diambil di menu Tools-> Registry Action Selector, terdapat 50 Registry Entry yang bisa dipilih, tinggal pilih truz double klik di setingan registry-nya. Truz klik Insert, Cut dan paste di section [REGISTRY]. Selain itu worm yang dibuat dengan tools ini juga bisa membaca caption window yang aktif sehingga jika caption tersebut ada dalam daftar terlarang maka akan otomatis dilumpuhkan. Untuk memilih daftar window caption yang akan dilumpuhkan gunakan Window Caption Selector di menu Tools. Disitu ada 176 daftar caption yang bisa dipilih. Tuh kan ga beda jauh dengan worm lokal sejenisnya. Pokokenya top bgt nih program! He..he…

Berikut tampilan Registry Action Selector :
Virus2
Window Caption Selector
Virus3

Jangan lupa icon virusnya juga bisa diubah, untuk mengganti icon default tinggal ubah di subsection : EXEIcon = \Icons Source\Folder\Folder001.ico
Terdapat banyak pilihan icon yang disediakan didalam folder Icons Source, so tinggal pilih aja…
Terakhir dan merupakan saat yang ditunggu-tunggu adalah melakukan pemeriksaan kode yang telah diketik sebelum dicompile menjadi virus. Klik menu Project->Analisa Project atau tekan F8 untuk menganalisa kode, setelah analisa selesai dan tidak ada kesalahan penulisan kode yang dideteksi maka Black Project’ yang kita buat bisa langsung dicompile. Tekan F9 untuk mengcompile project dan sebuah pesan peringatan akan muncul dan menanyakan apakah proses compile akan dilajutkan, baca dulu semua konsekuensinya truz klo setuju klik yes, maka virus yang kita buat akan langsung dicompile menjadi file executable (.exe)


Virus4

File virus hasil compile :
Virus5

File hasil compile memang cukup besar karena tidak otomatis dikompres secara internal, tapi kita masih bisa mengompres dengan program kompresor lain seperti UPX atau tElock. Akhir kata selamat ber-Virus Maker xxx Semoga artikel ini bermanfaat dan sungguh tak ada niat dari penulis sedikitpun untuk memotivasi agar membuat virus dengan tool ini, tujuan penulis tidak lain hanya berbagi informasi dan pengetahuan dan penulis tidak bertanggung jawab atas segala resiko apapun yang terjadi akibat dari penyalahgunaan artikel ini. Dan penulis ucapkan terima kasih kepada jasakom yang telah bersedia mempublish artikel ini.

Setting Jaringan Warnet Berbasis Windows XP dan ADSL Modem (pada Speedy)

Kemampuan untuk melakukan Instalasi dan setting untuk sebuah Warung Internet (Warnet) selama ini dianggap hanya dimiliki oleh mereka yang sudah lama berkecimpung didunia IT Administrator. Dengan mematok biaya yang cukup lumayan mereka bersedia membantu kita dalam membangun sebuah Warnet yang hendaknya akan kita gunakan sebagai Unit Produksi. Ketidaktahuan tentang bagaimana sebuah sistem jaringan dapat berjalan lancar adalah alasan utama kita untuk terus menggunakan tenaga mereka. Berangkat dari keadaan tersebut maka saya menuliskan panduan ini. Sengaja dibuat dengan menampilkan langkah demi langkah agar dapat dimengerti dan dipahami bahkan oleh seorang yang sama sekali belum mengenal jaringan.

—– more —–
Pada panduan ini akan dibahas instalasi dan setting untuk sebuah warnet yang memiliki 1 server & 12 client seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
gbr-1.jpg
Persiapan Hardware & Software
Hendaknya sebelum kita melaksanakan instalasi jaringan, terlebih dahulu kita mempersiapkan Hardware & software yang akan tersambung di dalam lingkup jaringan tersebut. Beberapa langkah persiapan yang diperlukan adalah :
1. PC Server, spesifikasi minimal yang disarankan :
a. Hardware :
  • MotherBoard : Kecepatan setara 3.00 Ghz untuk dual Core
  • Ram : 1 Ghz
  • Harddisk : 160 GB
  • NIC / LAN Card : 10/100 Mbps
  • Drive : DVD / CD Writer
  • Spesifikasi lain : Optional
b. Software :
  • Windows XP SP2
  • Bandwith Controller / Manager
  • Billing System, dll
  • Anti Virus
  • Firewall
  • Anti Spyware, Malware, Adware
2. PC Client
a. Hardware :
  • MotherBoard : Kesepatan setara 2.80 Ghz
  • Ram : 512 MB
  • Harddisk : 40 Ghz
  • VGA Card : Optional untuk Game
b. Software :
  • Windows XP SP2
  • Browsing Tools :
1. Internet Explorer
2. Mozilla FireFox (Free)
3. Opera
  • Chatting Tools :
1. Yahoo Messenger (Free)
2. MSN Live Messenger
3. MiRC
4. ICQ
  • Game Online, Example:
1. Warcraft III
2. Ragnarok Online
3. Diablo II, dsb
  • Adobe Reader (Free)
  • WinZip
  • WinRar
  • Anti Virus (AVG Free Recommended)
  • Winamp (Free)
  • ACD See (Optional)
  • Microsoft Office (Optional)
  • Billing System, dsb
Sistem Operasi Window$ memang sangat mahal, untuk itu kita bisa mensiasatinya dengan membeli CPU second Built-up dari luar negeri yang masih bagus. Biasanya selain kualitasnya lebih tinggi dari pada CPU rakitan, CPU Built-up dari luar negeri juga sudah dilengkapi dengan, Sistem Operasi Standar Windows.
3. Hub / Switch / Router
Merupakan alat yang digunakan untuk membagi koneksi internet dari PC server ke PC
Client. Pilihan antara Hub / Switch / Router ditentukan oleh kemampuan koneksi yang
ingin dihasilkan, dan tentu saja di sesuaikan dengan dana yang tersedia. Pada studi
kasus kita kali ini saya akan menggunakan Switch sebagai pembagi koneksi internet.
4. Modem
Modem adalah sebuah device yang digunakan sebagai penghubung dari sebuah PC atau
jaringan ke Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider / ISP). Penggunaan
Modem yang akan di bahas kali ini adalah modem jenis ADSL. Modem jenis ini
biasanya digunakan oleh ISP Telkomspeedy. Untuk jenis modem ADSL itu sendiri bisa
dipilih berdasarkan kebutuhan. Kali ini penulis mengambil contoh ADSL LynkSys AM
300 yang hanya mempunyai 1 (satu) port saja sebagai Dialup Device.
Setting Modem ADSL Eksternal
Berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk memastikan PC Server terhubung ke
internet :
1) Buka Internet Explorer anda dan ketikan alamat berikut : 192.168.1.1 (biasanya adalah
alamat IP default bagi Modem).
2) Setelah muncul jendela login isikan username: admin Password: admin, atau sesuai
dengan user guide yang terdapat pada saat pembelian Modem.
3) Isikan sesuai dengan yang tertera pada gambar berikut, kecuali user name dan password yang masing-masing berbeda sesuai dengan yang didapat dari ISP.
4) Pengisian selanjutnya adalah untuk mengijinkan DHCP Server enable/disable,
sebaiknya dipilih Option Enable agar kita tidak direpotkan dengan urusan menyetel satu
demi satu IP Client. Karena fasilitas ini mempunyai kemampuan untuk mensetting IP
Client secara otomatis.
5) Untuk pengisian Time Zone dilakukan sesuai dengan domisili anda tinggal. Dan untuk
time server settingan yang tertera pada gambar adalah settingan yang saya
rekomendasikan.
6) Jika kita ingin mengganti modem username & password kita dipersilahkan untuk
melalukannya pada option berikut :
7) Status Koneksi kita bisa kita pantau pada tabs status (gambar), sebetulnya alamat IP
kita tertera pada bagian bawah layar. Tidak saya tampilkan dengan alasan keamanan.
8) Setelah semua tersetting dengan baik langkah pengujian yang bisa kita lakukan adalah
dengan membuka Internet Explorer kita, lalu masuk ke salah satu alamat WEB yang
mudah diloading. Contoh : Http://www.google.co.id/ lalu untuk pengetesan kecepatan
bisa dilakukan melalui beberapa situs yang menyediakan layanan pengukuran
Bandwith, contoh: http://www.sijiwae.net/speedtest/ .
Sinkronisasi
Setelah hubungan antara PC server dan koneksi internet dapat berjalan lancar langkah
selanjutnya adalah sinkronisasi. Agar semua komputer dapat tersinkronisasi secara benar, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :
1) Sinkronisasi Nama Komputer / PC dan Nama Work Group dilakukan dengan cara
sebagai berikut :
a. Menampilkan Task Control System
gbr-5.jpg
b. Pada Tab Computer Name klik Change untuk mengubah nama komputer dan
nama WorkGroup. Nama komputer sebaiknya diurutkan sesuai dengan nomor
Clientnya untuk memudahkan kita mengingat masing-masing nama komputer,
nama masing-masing PC tidak boleh sama. Namun untuk nama Workgroup
harus lah dibuat sama untuk semua Client dan juga Server.
gbr-6.jpg
c. Setelah nama PC kita ganti langkah selanjutnya adalah mengganti Network ID
dengan cara mengeklik Tab Network ID pada task Control System tadi.
i. Pada pertanyaan How Do You Use This Computer pilihlah option This Computer is part of a business network, kemudian Klik Next.
gbr-7.jpg
ii. Pada Option selanjutnya pilihlah Network without a Domain.
gbr-8.jpg
iii. Selanjutnya isikan nama WorkGroup sesuai dengan nama WorkGorup yang kita isikan pada waktu mengganti nama PC pada langkah (b) tadi.
gbr-91.jpg
iv. Selanjutnya Klik Next dan kemudian Finish. Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai melakukan pergantian Network ID dan lakukan restrat System Operasi / Reboot.
2) Sinkronisasi Waktu / Jam dilakukan dengan menempuh langkah sebagai berikut:
a. Double klik tampilan jam yang ada pada sudut kiri bawah desktop anda.
b. Pilihlah tabs Internet Time => Update Now
gbr-10.jpg
c. Tunggu beberapa saat hingga terdapat statement berikut : The time has ben
succesfully Synchronized.
d. Jika yang tampil adalah statement error, maka ulangi klik Update Now hingga
berhasil menyamakan waktu PC anda dengan server Windows.
e. Jika Update berhasil, namun jam yang ditampilkan tidak sama, maka kesalahan
mungkin terjadi pada Time Zone untuk wilayah WIB wilayah waktunya adalah
GMT + 07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta sedangkan untuk WITA adalah
GMT+08.00 Perth dan WIT dengan GMT + 09.00 Seoul.
gbr-11.jpg
Internet Connection Sharing (ICS)
Sampai dengan tahap ini PC yang terkoneksi keinternet hanyalan PC server saja. Untuk
memberikan akses bagi PC client agar mempunyai akses ke internet kita perlu mengaktifkan Internet Connection Sharing yang kita miliki pada PC server. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1) Buka Jendela Network Connection yang terdapat pada Control Panel. Lalu klik kanan
pada Koneksi aktif kita ke internet => pilih Properties.
gbr-12.jpg
2) Pada tabs Advanced aktifkan option Allow other network users to connect through this
computer’s Internet Connection.
3) Setelah Koneksi Internet berhasil di sharing maka akan muncul 2 buah macam koneksi. Sebaiknya ganti nama masing-masing koneksi tersebut agar mudah membedakan antarakoneksi yang terhubung ke Modem dengan Koneksi yang terhubung ke Switch dengan cara me-rename masing-masing koneksi tersebut.
gbr-13.jpg
4) Jika kita buka properties pada koneksi yang terhubung ke Switch, pada tabs support
terdapat alamat IP yang akan menjadi default Gateway bagi PC Client yang akan
terhubung melalui PC Server (192.168.0.1).
gbr-14.jpg
Network Setup
Langkah-langkah yang kita lakukan tadi hanyalah untuk memberikan izin bagi PC Client agar dapat mengakses Internet. Untuk mengaktifkan Izin tersebut dilakukan dengan cara mensetup Network / Jaringan yang kita miliki. Langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut :
1) Buka Network Setup Wizard yang terdapat pada Control Panel. Lalu lakukan langkah
seperti pada gambar. (pastikan Koneksi ke internet dalam keadaan hidup).
gbr-15.jpg
gbr-16.jpg
2) Pada pilihan select a Connection Method pilih yang Connect Directly to the Internet
untuk PC server dan bila melakukan settingan pada PC Client plihlah Option Connect to
the internet through a residental gateway.
gbr-17.jpg
3) Option Berikut meminta kita menentukan koneksi yang mana yang akan kita gunakan
untuk melakukan dial-up ke Internet. Pilihlah koneksi yang tersambung ke Modem.
Pilihan ini tidak ada pada saat kita melakukan setting di PC Client.
gbr-18.jpg
4) Isikan Computer Name sesuai dengan nama yang telah kita berikan tadi, lalu isikan
Computer Description jika anda inginkan (Optional / tidak diisi tidak berpengaruh).
gbr-19.jpg
5) Isi Nama Workgroup sesuai dengan nama yang telah kita tentukan sebelumnya. Perlu
saya ingatkan kembali bahwa nama workgroup sebaiknya sama untuk semua komputer
agar langkah setting lebih mudah.
gbr-20.jpg
6) Pilihlah option Turn On File and Printing Sharing pada task selanjutnya.
gbr-21.jpg
7) Setelah settingan pada jendela log kita anggap benar klik next untuk menjalankan /
Mengaktifkan settingan yang telah kita buat tadi.
gbr-22.jpg
8) Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai menyesuaikan dengan settingan
barunya.
gbr-23.jpg
9) Pilih option just finish wizard, lalu klik Next = > Finish. Biasanya PC akan otomatis
reboot setelah menyelesaikan prosedur tadi.
gbr-24.jpg
gbr-25.jpg
Langkah yang sama kita lakukan pada semua PC Client. Perbedaan cara setting antara PC
Server dan PC Client hanyalah terletak pada point 2 dan point 3.
Setelah menyelesaikan langkah settingan tersebut pada PC Client lakukanlah pengetesan
koneksi dengan cara yang sama dengan PC Server, yaitu mengunjungi alamat situs yang mudah di Loading dan mengetes kecepatan koneksi. Bila koneksi yang ada dirasa terlalu lambat silahkan lakukan pengecekan pada settingan Network tadi apakah ada Option yang salah atau tidak, dan juga lakukan pengecekan pada koneksi perkabelan apakah suda terposisikan dengan baik atau belum.
Sampai dengan langkah ini semua PC Client bisa terhubung dengan bebas ke Internet selama PC Server menghidupkan Koneksinya. Untuk membatasi penggunaan pada PC Client adal beberapa pilihan. Yang pertama adalah membuat list user dari Computer Client, user mana yang mempunyai hak untuk mengakses internet yang mana yang tidak diizinkan untuk mengaksesnya. Settingan tersebut biasanya digunakan di perkantoran. Sedangkan untuk warnet, pembatasan akses biasanya dilakukan dengan menginstalkan program billing pada C Server dan PC Client. Untuk produk billing dalam negeri sudah terdapat beberapa pengembang program diantaranya adalah www.billingexplorer.com dan www.indobilling.com untuk keperluan setting billing ini silahkan menghubungi pengembangnya masing-masing

Teknik Pencarian Informasi di Internet dengan Search Engine

Mungkin seluruh atau sebagian dari kita selalu tergantung dengan search engine
untuk mendapatkan informasi, berita, software gratis dan lain sebagainya. Tapi
masih sangat sedikit yang mengerti searching yang baik. Ok kita mulai saja,
bahwa dalam searching kita mengenal beberapa search engine salah satunya Google.
Beberapa search engine mengenal karakter seperti +, – dan “. Tetapi masih banyak
yang belum tahu mengenai karakter tersebut. Saya akan menggunakan mode Tanya
jawab dalam menjelaskan hal tersebut.

—- more —-
Karakter Matematika.
# Tanda (+)
Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking,security dan internet.
Anda dapat mengetikkan kata disearch engine : +hacking +security +internet Jika
terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan
ditampilkan hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan .
Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai
sebanyak-banyaknya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah +medan.
Dan sebagai nya.
# Tanda (-)
Ingin mencari artikel yang didalamnya terkiandung kata statistic penduduk sumatera
kecuali Medan.Ketik di search engine : +statistic +penduduk +sumatera -Medan. Search
engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik
penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan. Atau seperti ini +tempat +wisata
+bali -kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali
dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda – dibaca oleh search engine
sebagai KECUALI.
# Tanda (”)
Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan
kata tersebut tidak duipisah kan oleh kata-kata yang lain.
Ketik di search engine : “hacking dan security” maka search engine yang bersangkuta akan
mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisah kan oleh kata-kata lain.
Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya dipisah kan
oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang
bersangkutan.
Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh
berikut ini: +kuliah +”ilmu komputer” -bayar
Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer
kata ilmu komputer tidak akan dipisah kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan
artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk
memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh
Ketik di search engine : ilmu komputer
Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau
yang mengandung kata kedua-dua nya.
Simbol Bolean
Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat
menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet.
# Bolean OR
Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh :
ilmu OR komputer
Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau
kedua-duanya.
# Bolean AND
Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contioh : ilmu AND komputer
Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak
terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan.
# Bolean NOT
Penggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang
statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk medan.
Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumater NOT medan search engine akan
menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat
kata medan.
# Bolean NEAR
Contoh : saya ingin mencari kata ilmu komputyeryang jarak antara kata tersebut berdekatan.
Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang
berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan.
Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan contoh Saya ingin mencari definisi
dari kata cinta atau kasih maka dapat di ketik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih)
Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata defini cinta atau definisi kasih.
Untuk contoh selanjut nya anda coba sendiri.
Penggunaan Host.
Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh:
# Saya ingin mencari website ilmu komputer.com maka saya dapat mengetikkan di search engine
host: ilmukomputer.com
# Saya ingin mencari kata php di website ilmukomputer.com maka saya dapat mengetikkan
kata : php host: ilmukomputer.comatau host: ilmukomputer.com php.
# Saya ingin mencari kata pertahanan di situs-situs pemerintahan indonesiamaka saya dapat
mengitikkan di search engine: pertahanan host: go.id.
Symbol/karakter matematika dapat juga digabungkan dalam pencarian ini contoh:
Saya akan mencari kata pesawat tetapi bukan yang terdapat didalam website menristek.go.id
maka saya dapat mengetikkan di search engine : pesawat -host: menristek.go.id.
# Mencari informasi berdasarkan type file
Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file.
Contoh:
Saya ingin mencari artikel tentang hacking dan security dan artilkel tersebut harus dalam
format pdf. Dan saya dapat mengetikkan di search engine :
+hacking +security filetype: pdf
dan search engine akan menampilkan artikel tentang hacking dan security dengan format pdf
contoh lain :
saya ingin mencari artikel tentang ilmu komputer didalam website yang sufiksnya ac.id
artikel tersebut harus file bertype pdf maka saya dapat mengetikkan di search engine
+ilmu +komputer filetype:pdf host ac.id
# Mencari informasi berdasarkan judul situs
Kita juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya .
Contoh :
Ketik di search engine title:komputer
Maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung judul komputer. sedangkan pada
search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T.
# Mencari informasi berdasarkan URL
Pencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang diminta
Contoh :
inurl:komputer
Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata komputernya seperti
www.ilmukomputer.com/komputer dsb.
Contoh lainnya :
Php inurl:ilmukomputer.com maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang
mengandung kata php pada subdomain ilmu komputer.Dan pada google juga mengenal kata
allinurl tetapi pencarian ini hanya terbatas pada subdirectory, Sedangkan sampai ke
level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya terbatas
pada subdirectory.Dan yang perlu di ingat Tidak semua search engine mengenal
karakter matematika dan Bolean.

APA ITU BLOG ?


PENGERTIAN BLOG
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.
SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
  1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.

Belajar Chat (Cara) di Yahoo Messenger untuk Pemula: Langkah-Langkah Yang Diperlukan

Dalam beberapa kesempatan saya sering melihat seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari google yang berhubungan dengan cara chatting di yahoo messenger. Saya juga mengetahui bahwa mereka sering kali tidak mendapatkan info atau penjelasan yang diinginkan dan malah kesasar ke artikel saya yang berkaitan dengan yahoo messenger tetapi bukan merupakan info untuk pemula. Untuk itulah saya berfikiran bahwa perlu kiranya saya menuliskan sedikit pengantar mengenai cara-cara chatting di yahoo messenger kepada para pemula chat.

Langkah pertama yang anda para pemula lakukan untuk memasuki dunia yahoo messenger adalah adanya koneksi internet yang memungkinkan anda memasuki dunia maya. Tidak mungkin anda mampu chatting jika tidak memiliki fasilitas koneksi internet ini.
Kedua. Anda juga memerlukan software yahoo messenger yang terinstal dengan baik dalam komputer anda. Atau kalau anda melakukan koneksi lewat warung internet atau warnet anda harus mencari software ini apakah sudah terinstal atau belum. Saya kira sangat jarang warnet yang tidak menyediakan software ini pada layanan mereka. Kalau kebingungan silahkan download software chat client yahoo messenger di sini. Dalam link tersebut terdapat beberapa versi yahoo messenger, versi lama (6 atau 7), versi 8 dan versi 9. Ada juga versi vista. Saya sarankan pilih yang versi 8 or versi 9. Sekedar info, pada bulan agustus mendatang 2009 versi 7.5 kebawah termasuk versi 7 dan 6 sudah tidak  bisa digunakan lagi. jadi ambil versi 8 atau 9 ya :D
Update: untuk anda yang telah menggunakan windows 7 saya sarankan memakai Yahoo Messenger versi 10.
Kalau anda pengen chatting lewat handphone kamu, anda bisa memakai software ymess, yamee or ymtiny, untuk handphone yang berbasis java. Update: keliatannya ymess, ymtiny dan yamee udah gak bisa dipake lagi, saya sarankan untuk memakai applikasi yahoo messenger untuk mobile phone NEFANASA (bisa dipake juga untuk beberapa versi blackberry atau os symbian. Saran lain anda bisa pake Yahoo Messenger One for mobile keluaran resmi Yahoo: Download di sini. Bisa juga pake multiple client mobile phone seperti fring, ebuddy, palringo, dan masih banyak lagi. Khusus untuk chat client berbasis browser yang tidak perlu diinstall di hp kamu, kamu bisa juga masuk ke yahoo messenge lewat m.heysan.com/yahoo
Beberapa chat client yahoo messenger berbasis web juga tersedia, seperti meebo, atau yang lainnya. Kalau untuk third party chat client dari yahoo messenger kamu bisa pake yahaven, yahelite, yazak, dll (Penggunaa chat client yahoo messenger yang dikembangkan oleh pihak ketiga – third party – akan banyak manfaatnya dalam pertahanan oleh serangan flooding bot / yahoo boot atau sebagai anti boot yahoo messenger client- sesuatu yang mungkin belum penting kamu ketahui dalam tahap awal ini tetapi suatu saat pasti bermanfaat). Tapi lupakan tentang hal ini, kita kembali ke yahoo messenger tutorial memakai yahoo messenger biasa sebagai mana saya sebutkan di awal.
Biasanya sortcut yahoo messenger sudah terpampang di layar komputer dekstop anda. Klik dua kali atau klik kemudian tekan enter untuk masuk menjalankan software ini. Untuk pengetahuan yang lebih lanjut anda bisa menggunakan software-software chat (chat client) yang lainnya selain yahoo messenger.

Ketiga. Setelah melakukan langkah kedua anda kemudian akan dihantarkan pada sebuah windows yang berdiri tegak disebelah kanan (ini biasanya) yang bertuliskan Yahoo! Messenger lengkap dengan icon smile kuning yang tertawa lebar dengan mulut merahnya. Disitu anda bisa lihat ada kolom dengan tulisan Yahoo ID dan Password. Nah apa perlunya Yahoo ID ini beserta passwordnya. Yahoo ID adalah sebuah identitas atau mungkin bisa dikatakan adalah roh atau tubuh kamu yang akan memasuki sebuah dunia baru. Layaknya sebuah masyarakat anda harus memiliki tubuh beserta identitas yang dikenal oleh masyarakat atau komunitas tersebut agar dapat memasuki dan melalang buana didalamnya. Untuk itu anda juga memerlukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu agar dapat menjalankan identitas anda di dunia yahoo messenger.

Yahoo ID dapat anda peroleh melalui pendaftaran lewat Get a new Yahoo! ID, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Anda juga bisa menggunakan alamat email anda untuk memasuki dunia Yahoo Messenger. Tentunya dengan catatan alamat email anda tersebut adalah email yang beralamat di yahoo. Entah itu xxx@yahoo.com , xxx@yahoo.co.id, xxx@yahoo.us atau yang lain sebagainya. Cukup gunakan alamat awal saja tanpa diikuti @yahoo.com jika anda ingin memasuki dunia yahoo messenger. Password yang anda gunakan sama dengan password email anda. Akan tetapi saya sarankan untuk membuat ID baru dan password baru karena sangat riskan menggunakan ID dari email yahoo anda.
Jika bingung silahkan clik link berikut untuk daftar atau Buat Yahoo Messenger Account atau ID:
Click untuk Daftar atau Buat ID Yahoo Messenger
Keempat. Anda masukkan ID yahoo anda dan passwordnya pada tempatnya kemudian tekan enter. Tunggu beberapa saat sampai anda masuk ke dunia yahoo (ditandai dengan perubahan windows yahoo messenger anda. Jika tidak bisa maka ulangi beberapa kali sampai bisa masuk. Jika tidak bisa cek koneksi anda atau cek software yahoo messenger anda.
Kelima. Untuk mencari teman, anda harus masuk ke chat room atau anda bisa melakukan Instans Message jika telah mengenal ID teman anda. Cara masuk ke chat room maupun cara menggunakan instans message bisa dilihat diartikel saya yang lain. Jika ada permintaan atau pertolongan silahkan ketikkan komentar dibawah ini sehingga bisa ada yang menolong kesulitan anda (dan ini tidak harus saya, bisa juga temen-temen yang lain).
Cara masuk Chat Room

Yahoo Messenger >> Messenger >> Yahoo Chat >> Join a Room >>

Tunggu sampai list roomnya muncul kalau gak muncul tutup windows tersebut dan ulangi lagi langkah diatas sampai muncul..
Kalau mau nge-room di Room Regional [ klik tanda + jangan namanya]
Klik Regional >> Indonesia  >> Yogyakarta >> Yogyakarta:20
Pilih salah satu dari list room Yogyakarta yang tersedia. Klik tanda + di sebelah kiri Yogyakarta(128)[w2], untuk melihat Room Yogyakarta yang tersedia. Catatan (128 ) merupakan indikasi bahwa ada sebanyak 128 Username atau ID di Regional Yogyakarta. Sedang [w2] mengindikasikan ada sebanyak 2 ID yang memasang webcam. Setelah itu klik aja 2x Room yang pengen anda masuki atau Klik Go to Room

Sebelum masuk room anda biasanya dikasih window baru. Klik Enter aja kalau udah selesai lodingnya.

Untuk yang pertama kali masuk room, musti ikuti link verivikasi om yahoo. Liat Gambar Di Bawah ini yang ada tulisan http://captcha…dst. Nah klik aja link tersebut dan Jangan Tutup Windows ChatRoom Tersebut!. Hal ini dibutuhkan karena sekarang membutuhkan verivikasi untuk bisa masuk room.. Jika anda telah mengklik link tersebut, biasanya secara otomatis akan dibukakan browser Internet dengan alamat yang dimaksud. ikuti petunjuknya.. dan cling anda bisa masuk ke room.

Jika sudah dihantarkan ke Page Internet Browser yang terdapat code Verifikasi Captcha. Masukkan kodenya dan klik Submit.

(Terkadang, terutama jika anda pengguna yahoo messenger versi 9 atau versi 10, gambar verifikasi code tersebut bisa saja langsung tampil di chat room yang anda masuki, tanpa musti anda click / membuka browser internet untuk melihat dan memasukkan kodenya. Liat gambar dibawah ini)
chat room verifikasi code yahoo messenger
Jika anda melakukan apa yang saya perintahkan secara benar maka di Chat Room akan terlihat tulisan sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

Selamat!! Anda sudah siap untuk Chatting di Chat Room. Untuk Tutorial lebih lanjut serta software-software yang dibutuhkan di yahoo messenger silahkan kunjungi Free Yahoo Tools | MessengeRoo | MessengeRedia |
Tambahan: Jika anda mendapati pesan “This Request was Refused” dalam bahasa indonesia jika anda menggunakan yahoo messenger indonesia language biasanya berbunyi “Permintaan anda ditolak” / ” Pemintaan ini Ditolak”, anda perlu memastikan tanggal lahir anda terlebih dahulu, jika umur anda kurang dari 18 Tahun maka kemungkinan error ini terjadi karena anda belum cukup umur. Error ini juga bisa muncul jika anda melakukan kegiatan yang di anggap illegal oleh Yahoo semisal spamming, booting dll. Solusinya, Ubah tanggal lahir anda sehingga jadi 18 tahun keatas (setahu saya mustahil anda bisa mengganti tanggal lahir anda), jadi solusinya adalah buat ID baru dengan umur 18 tahun keatas dan gunakan lagi untuk join ke chat room, semoga anda berhasil kali ini..
Mohon pertolongannya ya temen-temen kalau ada yang kurang :)
Semoga bermanfaat

TIPS & TRIK PENCARIAN EFEKTIF DENGAN GOOGLE

Meskipun Google menyediakan banyak fitur pencarian, saya yakin tidak banyak dari kita yang menggunakannya pada saat melakukan pencarian informasi. Akhirnya kita kena badai tsunami informasi dari Google yang akhirnya membuat kita bingung sendiri. Kita bahas yuk, teknik pencarian yang efektif itu sebaiknya seperti apa sih.
Secara umum, jenis pencarian di Google ada dua: Basic Search dan Advanced Search. Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com.
Sedangkan Advanced Search menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik untuk operator dasar, file format yang ingin kita cari, bahasa, region, dsb.
Sebenarnya masih sangat banyak fitur pencarian yang bisa kita gunakan, tapi tidak terdapat di menu pilihan Advanced Search. Dengan kata lain kita harus memasukannya query di form pencarian di Basic Search langsung. Nah permainan query dan operator pencarian ini yang sebenarnya akan kita bahas di artikel ini.
FITUR PENCARIAN DASAR
AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut:
ukiran jepara
ukiran AND jepara
ukiran+jepara
OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut:
tahu OR tempe
tahu | tempe
FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh:
“perangkat lunak”
NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng.
ikan -bandeng
SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
~car
ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas, dsb
ayam * pedas
TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb
ko.i
CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahono, Romi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian yang sama
PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)
I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita
FITUR PENCARIAN LANJUT
DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber
define:e-learning
CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google.
cache:ilmukomputer.com php
LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com
link:ilmukomputer.com
RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
related:romisatriawahono.net
INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
info:romisatriawahono.net
SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk
java site:ilmukomputer.com
FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword software engineering
software engineering filetype:pdf
ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
allintitle:java programming
INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
intitle:java enterprise
ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan programming. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
allinurl:java programming
INURL: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise
inurl:java enterprise
Pencarian yang kita lakukan akan semakin efektif apabila kita mencoba menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya, kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs http://www.pdii.lipi.go.id/. Maka kita gabungkan dua operator menjadi:
filetype:pdf site:www.pdii.lipi.go.id
Dewasa ini permainan query pencarian Google banyak digunakan para hacker dan cracker untuk mencari berbagai informasi, file, dan konfigurasi yang memiliki lubang keamanan. Aktifitas ini terkenal dengan sebutan Google Hacking. Kapan-kapan kita bahas tentang yang satu ini, setelah kita mahir bermain-main dengan berbagai operator pencarian Google.

Mesin pencari

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS. [1]

Cara kerja mesin pencari

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawlerbrowser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Sejarah

Mesin pencari pertama adalah "Wandex", yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer, suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari lain yang lama, Aliweb, juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera sesudah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnya Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.
Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. Tahun 2004, Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya.
Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.
Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat, mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google.
Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

Google

Sekitar tahun 2001, mesin pencari Google berkembang lebih besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.

Domain name

nama domain adalah sebuah label identifikasi yang mendefinisikan wilayah otonomi administrasi, otoritas, atau kontrol di Internet. Nama domain juga nama host yang mengidentifikasi Internet Protocol (IP) sumber daya seperti situs web. Nama domain dibentuk oleh peraturan dan prosedur dari Domain Name System (DNS).
Nama domain yang digunakan dalam konteks berbagai jaringan dan penamaan aplikasi-spesifik dan tujuan pengalamatan. Mereka diselenggarakan di tingkat bawahan (subdomain) dari domain root DNS, yang tanpa nama. Set pertama tingkat nama domain adalah domain tingkat atas (TLD), termasuk top-level domain generik (gTLD), seperti com domain bersih terkemuka, dan org, dan kode negara top-level domain (ccTLDs ). Di bawah ini domain tingkat atas dalam hirarki DNS adalah tingkat-kedua dan ketiga nama-level domain yang biasanya terbuka untuk reservasi oleh pengguna-akhir yang ingin terhubung jaringan area lokal ke Internet, jalankan situs web, atau membuat publik lainnya Internet diakses sumber daya. Pendaftaran nama-nama domain biasanya dikelola oleh registrar nama domain yang menjual jasa mereka kepada publik.
Masing-masing host komputer internet menggunakan nama domain sebagai pengidentifikasi host, atau hostname. Nama host adalah label daun dalam sistem nama domain biasanya tanpa spasi nama domain lebih lanjut bawahan. Hostname muncul sebagai komponen dalam Uniform Resource Locator (URL) untuk sumber daya internet seperti situs web (misalnya, en.wikipedia.org).
Nama domain juga digunakan sebagai label identifikasi sederhana untuk menunjukkan kepemilikan atau kontrol sumber daya. contoh wilayah tersebut pengidentifikasi yang digunakan dalam Session Initiation Protocol (SIP), yang DomainKeys digunakan untuk memverifikasi domain DNS di sistem e-mail, dan dalam banyak lainnya Uniform Resource Identifier (URI).
Sebuah tujuan penting dari nama domain adalah untuk memberikan nama-nama mudah dikenali dan memorizable ke sumber daya Internet numerik ditujukan. abstraksi ini memungkinkan setiap sumber daya (misalnya, website) akan dipindahkan ke lokasi fisik yang berbeda di alamat topologi jaringan, secara global atau secara lokal di intranet. Langkah tersebut biasanya membutuhkan mengganti alamat IP dari sumber daya dan terjemahan yang sesuai alamat IP ke dan dari nama domainnya.
Nama domain sering disebut hanya sebagai domain dan pendaftar nama domain sering disebut sebagai pemilik domain, meskipun pendaftaran nama domain dengan registrar tidak memberi apa pun kepemilikan secara hukum dari nama domain, hanya hak eksklusif penggunaan.
Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN) mengelola pembangunan top-level dan arsitektur dari ruang nama domain Internet. Ini kewenangan pendaftar nama domain, di mana nama domain dapat didaftarkan dan dipindahkan. Penggunaan nama domain dalam perdagangan mata pelajaran mereka dengan hukum merek dagang. Pada tahun 2010, jumlah domain yang aktif mencapai 196 juta

URL

RL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.[1]
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet.[1] URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web.[1] Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas

Tipe URL

 

Ada dua tipe URL yang dapat digunakan,[3] yaitu:
  • URL Absolute (URL Absolut), merupakan alat lengkap yang menyertakan domain pada jaringan yang tepat, direktori di dalam domain, dan file di dalam direktori.[3]
  • URL Relative (URL Relatif), menentukan suatu alamat berdasarkan URL yang aktif pada saat itu.[3]
Berikut ini adalah sintaks dan tipe URL: Service://host:port/path/filename.extension (Absolut)
Sedangkan dalam penggunaan URL tersebut dengan tag adalah sebagai berikut:[3]

Serangan Lewat URL

URL merupakan sebuah mekanisme untuk mengenali sumber-sumber pada web, SSL, atau server FTP, termasuk protokol layer aplikasi yang membuat permintaan (request) ke server web seperti contoh URL http://www.coba.com/images/hardware/pda.html.[4] URL tersebut dapat dijelaskan per bagian. Berkas pda.html sedang di-request oleh protokol HTTP dari sebuah server bernama www.coba.com. Lokasi pda.html dalam ruang situs tersebut adalah pada direktori /images/hardware.[4] Contoh lain seperti,
https://www.coba.com/order/buy.asp?itemA003&pmt=visa
Kemungkinan besar URL di atas dapat dimanfaatkan peretas (hacker). Dugaan pertama bisa ditarik dari nama sumbernya, buy.asp. Ekstensi .asp menandakan bahwa berkas ini adalah ASP. Berkas-berkas ASP berjalan secara khusus pada web server Microsoft, yaitu IIS. Dengan demikian kemungkinan besar www.coba.com berjalan pada Windows NT/2000/XP.[4]
Dari parameter-parameternya, dapat ditemukan lagi beberapa petunjuk. Parameter pertama, item=A003, menandakan bahwa item yang sedang dibeli itu mendapatkan kode item dan rincian item pasti disimpan pada basis data / database.[4]

Action Get URL

Action Get URL digunakan untuk memanggil dokumen lain (HTML, ASP, CGI, dan sebagainya) dari lokasi URL tertentu ke dalam jendela (window) yang ditentukan oleh action get URL tersebut.[5]
Action Get URL memiliki 3 parameter, yakni:[5]
  • URL, menyatakan alamat URl di mana dokumen yang hendak dipanggil berada.
  • Window, menyatakan nama window atau frame di mana dokumen yang dipanggil hendak diletakkan.
    • _self -> menunjuk frame yang sedang digunakan dalam window yang aktif.
    • _blank menunjuk sebuah window baru.
    • _parent -> menunjuk parent frame dari frame yang sedang digunakan.
    • _top -> menunjuk frame utama dari window yang aktif.
  • Variables, apakah secara GET, POST, atau tidak dikirimkan sama sekali.

APLIKASI WAP

Teknologi WAP (Wireless Application Prptocol) adalah teknologi aplikasi yang memungkinkan warga masyarakat menggunakan aplikasi interaktif seperti internet dari telepon seluler dan PDA (Personal Digital Assistance). Hal ini memungkinkan karena masyarakat sudah banyak menggunakan HP daripada komputer, termasuk PDA. HP multimedia dan 3G (3 rd Generation) akan mewarnai perangkat mobile teknologi informasi dimasa depan dan sudah dimulai pada awal 2007.
Teknologi WAP memungkinkan layanan informasi bisa menjangkau masyarakat luas. Layanan informasi antara lain perijinan, memberikan masukan berupa respon layanan, keluhan, DLL. Informasi ini dapat diakses melalui HP dengan cepat, mudah dan murah. Dengan teknologi WAP mampu mengatasi keterbatasan yang dimiliki HP dan PDA antara lain kemampuan CPU yang rendah, memori yang kecil, display yang terbatas, catudaya (batere) yang minimal dan juga input device yang berbeda


MANFAAT WAP
Sebagai media layanan 24 jam dan mudah mengakses, hanya melalui Handphone, sekalipun daerah terpencil asalkan telah terjangkau layanan HP.
Biaya akses murah, hanya Rp10/kb -Rp20/kb, sudah dapat menerima informasi yang lengkap. Biaya SMS 350 perpesan.
Informasi yang diberikan lebih banyak dibandingkan SMS yang hanya 160 karakter.

JENIS HP dan PDA:
Prinsipnya semua HP sudah mulai menuju layanan GPRS dan akan mengarah ke 3G. melalui (hampir semua) jenis operator yaitu Telkomsel, Indosat, Xlcomindo, IM3, mobile-8, Dll.

SETTING WAP:
Tata caranya sangat mudah, sesuai dengan operator dan jenis HP. Tata cara ini dapat diakses di situs Pemkab:
Sebagai media layanan 24 jam dan mudah mengakses, hanya melalui Handphone, sekalipun daerah terpencil asalkan telah terjangkau layanan HP.
·  www.kabmalang.go.id, klik ikon WAP; atau
·  http://wap.kabmalang.go.id, dengan terlebih dahulu menginstall software opera;
Untuk lebih jelasnya hubungi call centre PDE, telp: 340919